Minggu, 02 Desember 2007

tokoh matika

Leonhard Euler

Adalah Johann Bernoulli yang menyarankan Euler(1707-1783) untuk beralih profesi, karena melihat kecakapannya di bidang matematika. Mulanya matematikawan ini belajar teologi pada Universitas Swiss di Basel. Karya Euler banyak menjadi landasan bagi topologi, yaitu matematika yang mempelajari bagaimana suatu bentuk dapat diubah menjadi bentuk lain, tanpa robekan. Dalam kacamata topologi, kue donat serupa dengan cangkir kopi, karena hanya memperhatikan keterkaitan antar elemen, dan bukan jaraknya.

Dua teka-teki yang menjadi bagian dari teori jejaring(salah stau bentuk topologi paling praktis) adalah masalah jembatan Konigsberg dan bidang polihedron. Teka-teki pertama menyangkut bagaimana warga
kota Konnigsberg tak dapat melewati ketujuh jembatan yang menghubungkan 4 daerah, tanpa kembali melalui salah satu diantaranya.

Teka-teki kedua terkait bagaimana polihedron dapat diterangkan sebagai jaringan titik dan garis dengan tiga matra. Telaah Euler menghasilkan penemuan, berapa pun banyaknya muka pada bentuk seperti itu, antara jumlah titik, pinggir, serta bidangnya ada hubungan yang dapat dihitung sebelumnya, yang dikenal dengan rumus Euler.

Tidak ada komentar: